Toyota Indonesia Pastikan bZ4X untuk KTT G20 Aman Dari Recall

ruangluas.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bahwa mobil listrik bZ4X yang akan digunakan dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di kawasan Bali pada 15-16 November 2022 bebas recall.

Dijelaskan Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, hal tersebut karena produk yang didatangkan sudah melewati berbagai pengujian ketat. Sehingga aman digunakan untuk menunjang mobilitas para deligasi negara.

“Persiapan mobil baru itu sebenarnya panjang, kebetulan bisa kita datangkan secara cepat (bZ4X). Tentu isu recall pasti salah satu yang kita perhatikan dan kita pastikan juga,” kata dia saat ditemui di Stadion Internasional GBK, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

“Untuk di Indonesia, tidak ada (recall) karena unitnya juga tak ada di konsumn. Tetapi semua unit yang digunakan untuk G20 ini sudah kita cek, sudah kita pastikan kondisinya yang terbaik,” tambah Anton.

Selain itu, seluruh aspek juga sudah disiapkan perseroan guna menunjang kelancaran penggunaan bZ4X untuk menjadi salah satu mobil official gelaran G20.??Baik dari edukasi pada para pengemudi nanti, fasilitas dan layanan penunjang, diler, teknisi, dan lain sebagainya.

“Dari Jakarta (pusat) juga kita kirim tim ke sana, termasuk bahkan dari pihak Jepang-nya juga. Sebab ini acara kenegaraan yang sangat penting, jadi kita tidak ingin ada masalah-masalah teknis (khususnya saat dioperasikan),” lanjut Anton.

Sebelumnya, prinsipal Toyota menyatakan melakukan recall terhadap 2.700 unit bZ4X karena berpotensi risiko baut yang merekatkan roda ke bodi longgar sehingga menyebabkan ban terlepas.

Insiden itu dijelaskan bisa terjadi ketika membelok cepat dan mengerem mendadak.

Secara rinci, recall ini melibatkan 2.200 unit di Eropa, 260 unit di Amerika Serikat, 20 unit di Kanada, dan 110 unit di Jepang.

Adapun bZ4X yang dihadirkan untuk gelaran KTT G20 di Indonesia, PT TAM mendatangkannya langsung dari Jepang sebanyak 41 unit. Semua unit kini sudah mendarat di Tanah Air.

Leave a Comment