Viral Agen Asuransi Punya Penghasilan Rp 1 Miliar, Berapa Komisi yang Didapat?

ruangluas.com – Video yang berisi mengaku pelaku bisnis asuransi mampu mengantongi pendapatan (income) hingga Rp 1 miliar viral di media sosial Instagram.

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, agen asuransi yang dapat mengumpulkan pendapatan jumbo pada umumnya menjual produk unit link.

Sebab, produk unit link memiliki skema komisi agen hingga 99 persen dari premi yang dibayar nasabah selama tiga tahun pertama.

“(Komisi) 99 persen itu untuk 3 tahun pertama kontrak polis nasabah, masing-masing 30 persen, 30 persen, dan 39 persen sejak tahun pertama sampai ketiga,” ucap dia kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Meskipun demikian pada tahun-tahun selanjutnya agen tidak diberikan komisi kembali.

“Produk unit link menjanjikan komisi paling besar bagi para agen,” sebut dia.

Untuk itu, dia menegaskan seorang agen asuransi sangat memungkinkan dapat memperoleh pendapatan sampai miliaran rupiah per bulan.

“Sangat memungkinkan, terutama yang berasal dari nasabah-nasabah bank dengan simpanan di atas Rp 5 miliar yang membeli asuransi dengan premi tunggal alias sekaligus,” ujar dia.

Sementara itu, Perencana Keuangan Aidil Akbar mengatakan, untuk dapat mencapai pengahasilan hingga miliaran rupiah bukanlah merupakan hal yang mudah untuk seorang agen asuransi.

Perlu proses yang tidak singkat untuk seorang agen asuransi dapat menghasilkan pendapatan yang terbilang fantastis itu.

“Tidak bisa instan, ada proses panjang untuk membangun sistem, membangun tim itu membutuhkan waktu yang panjang. Bahkan sampai air mata untuk mendapatkan penghasilan miliaran itu,” kata Aidil, dikutip dari akun Instagram @aidilakbarmadjid, Rabu (19/10/2022).

Ia menjelaskan, penghasilan agen yang sampai miliaran tersebut biasanya hanya dimiliki oleh leader atau pimpinan agennya. Sebab, seorang tim leader memiliki banyak bawahan yang bertugas menjual produk asuransi setiap hari.

Ketika agen asuransi menjual sebuah produk asuransi, Aidil bilang, akan ada komisi yang mengalir juga ke tim dan leader-nya selain komisi untuk agen yang bersangkutan.

“Meskipun persentasenya kecil, tapi karena jumlah produksinya besar, maka tak heran bisa mendapatkan income yang besar,” imbuh dia.

“Nah sekarang kalian tahu kan, ke mana porsi premi yang kalian bayarkan?” tandas dia.

Sebelumnya, tersebar video di Instagram yang diunggah oleh akun @feliciaputritjiasaka yang mewawancarai tiga orang wanita yaitu Jule, Christina, dan Gwen.

Mereka bekerja mengaku sebagai pekerja yang berkecimpung dalam bisnis asuransi.

Jule menyebut dapat mengantongi pendapatan sebesar Rp 1,1 miliar per bulan. Lalu, Christine mengaku mendapatkan penghasilan Rp 1 miliar dari bisnis asuransi. Sementara Gwen mengaku dapat menghasilkan Rp 600 juta dalam sebulan sebagai pelaku bisnis asuransi.

Belakangan diketahui, ketiga orang tersebut yakni Christina, Juliana (Jule), dan Gwen bekerja di tempat yang sama, yakni sebuah perusahaan agen asuransi bernama Alife by Vision.

Alife by Vision sendiri merupakan insurance agency yang berdiri tahun 2019. Perusahaan agen asuransi ini merupakan bagian dari Vision Agency.

Leave a Comment