Viral! Gaji Gede tapi Ditolak Tarik Utang Gara-gara ‘BI Checking’ Jelek

ruangluas.com – Heboh di media sosial (medsos) pegawai yang memiliki gaji tinggi namun ditolak saat pengajuan kredit ke bank. Hal tersebut karena BI checking pegawai disebut jelek.

Dari unggahan di akun Twitter @hrdbacot, seorang follower yang menyebut ada pegawai bergaji tinggi tapi pengajuan kreditnya ditolak oleh bank. Follower itu juga mengaku khawatir pengajuan KPR-nya akan ditolak oleh bank karena gajinya tidak terlalu besar.

Dia mempertanyakan bagaimana penghitungan terkait BI Checking tersebut. Netizen menanggapi beragam ada yang menjelaskan terkait SLIK sampai menjelaskan apa saja yang bisa mempengaruhi penyetujuan kredit.

“Gue sebagai marketing perumahan KPR, mau sharing sedikit cmiiw, jadi alasan KPR ditolak tuh bukan hanya gaji ya nder, tapi KOL. BI checking lo yang paling berpengaruh. Maka dari itu, kalo memang lo ada tunggakan sebelumnya entah kartu kredit atau apa baiknya dilunasin terus minta surat pelunasannya,” tulis akun @wig**.

Lalu akun @adh** menuliskan “Teman-teman saat ini media pengecekan bukan hanya dari BI checking saja tapi ada lainnya juga seperti Pefindo dan sebagainya, perilaku konsumtif seperti menggunakan paylater, P2P dan sebagainya sebisa mungkin dihindari atau seminimal mungkin, karena ini tercatat di BI checking,” tulis dia.

BI checking adalah istilah yang biasa digunakan oleh pegawai di sektor keuangan mulai dari bank sampai lembaga pembiayaan. Dulunya bernama Sistem Informasi Debitur (SID) dan berada di bawah Bank Indonesia (BI) dan sekarang jadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dikutip dari laman resmi OJK, SLIK adalah sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.

SLIK dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, pengelolaan sumber daya manusia pada Pelapor SLIK, verifikasi untuk kerja sama Pelapor SLIK dengan pihak ketiga, dan meningkatkan disiplin industri keuangan.

Debitur dapat meminta Informasi Debitur atas nama Debitur yang bersangkutan kepada OJK atau kepada Pelapor SLIK yang memberikan Fasilitas Penyediaan Dana kepada Debitur yang bersangkutan.

Untuk masyarakat yang ingin mengetahui skor kredit bisa meminta ke kantor OJK. Bisa melalui tatap muka atau datang ke kantor OJK atau melalui website.

Leave a Comment