Visioner Adalah: Pengertian, Ciri, dan Karakteristik

ruangluas.com – Kadang kita dihadapkan dengan kewajiban memiliki seorang pemimpin yang visioner. Tapi tak banyak orang tahu, sebetulnya pemimpin seperti apa yang bisa dikatakan punya bekal karakter visioner?

Untuk lebih jelasnya, artikel berikut ini akan menjelaskan mengenai sifat-sifat visioner.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), visioner diartikan sebagai orang yang memiliki pandangan atau wawasan ke masa depan. Sementara dalam Tesaurus Tematis Bahasa Kemdikbud, visioner lekat dengan imajinasi, sehingga memiliki persamaan arti dengan pelamun, pemimpi, dan pengkhayal.

Visi menjadi kunci utama dalam kepemimpinan dan manajemen usaha. Kemampuan visioner menjadi pegangan untuk membayangkan kondisi masa depan yang lebih baik dan memikirkan cara mencapainya.

Jansen H. Sinamo dan Agus Santosa dalam bukunya yang berjudul Pemimpin Kredibel, Pemimpin Visioner, mengatakan bahwa pada tingkat operasional, visi merupakan perkakas di tangan pemimpin agar bisa membentuk tujuan. Pemimpin visioner jelas lebih mampu memberdayakan tim nya. Visi oleh banyak pakar kepemimpinan diyakini mampu membantu pemimpin memfokuskan energi agar berhasil.

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa visioner adalah sebuah gagasan dan inovasi untuk masa yang akan datang, agar mencapai tujuan dengan baik. Pemimpin yang visioner punya segala sikap yang berorientasi pada visi dan terbiasa menghadapi tantangan.

Berikut ini karakteristik visioner dilansir dari buku Kepemimpinan Transformatif dan Progresif oleh Taufiqurokhman Ismail Suardi Wekke Andriansyah. Di antaranya adalah:

Pemimpin visioner punya visi yang ingin dicapai agar sesuatu yang dibangunnya bisa berkembang.

Optimis dan percaya diri menjadi kunci, tentunya semua itu dibekali dengan pengetahuan yang luas. Pemimpin visioner perlu menunjukkan ketelitian dalam mengambil keputusan.

Pemimpin visioner akan mampu mengarahkan anak-anak didiknya untuk memiliki tanggung jawab dan rasa etos kerja yang tinggi. Ia akan menjadi contoh yang baik sehingga anak didik akan meniru etos kerjanya.

Menjadi seorang pemimpin tak melulu memerintah atau memberi instruksi tapi juga memberikan visi sebagai pegangan dalam usaha. Perlu ada komitmen kuat dalam visi yang berusaha diwujudkannya.

Pemimpin akan disegani saat mampu membangun hubungan yang baik dengan tim nya. Tak sekedar memberi motivasi tapi juga memberi pandangan baru dan menjalin komunikasi sebagai tim selain bicara soal profesionalitas.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan mengenai pemimpin visioner. Kini, kepemimpinan visioner menjadi bekal penting dalam membentuk sebuah tim. Semoga artikel ini membantu, ya!

Leave a Comment