WhatsApp Call Bisa Bikin Link Undangan Mirip Zoom, Begini Caranya

ruangluas.com – Pengguna WhatsApp bisa mengundang teman-temannya untuk bergabung dalam panggilan WhatsApp ( WhatsApp call ) melalui link, mirip Zoom Meeting.

Cara membuat link undangan WhatsApp Call atau WA Call ini cukup mudah. Fitur ini sedianya hadir bersama dengan fitur baru emoji reaksi untuk status hingga “undo delete for me” lewat pembaruan (update) WhatsApp yang digelontorkan mulai pekan lalu.

Membuat link WA Call bisa dilakukan melalui fitur bernama “Create call link” atau dalam bahasa Indonesia “buat tautan panggilan”. Fitur untuk membuat link WhatsApp Call ini ada di tab “panggilan/calls”.

Pantauan KompasTekno, pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa menjajal fitur baru “Create call link” ini. Fitur ini sudah hadir di aplikasi WhatsApp versi 2.22.21.83 di ponsel Android.

Bila belum menemukan fitur Create call link, pengguna perlu bersabar karena biasanya fitur baru digelontorkan secara bertahap.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah membuat link undangan WhatsApp Call atau WA Call di HP.

Cara membuat link undangan WhatsApp Call

Pengguna bisa membuat link undangan WhatsApp call dengan mudah. Berikut panduan membuat link WhatsApp Call :

  • Klik tab “Call” di aplikasi WhatsApp
  • Klik menu “Crate call link” untuk membuat link WhatsApp Call
  • Pilih tipe WhatsApp Call antara panggilan video atau suara (voice)
  • Bagikan link WhatsApp Call ke teman.
    Ada tiga opsi berbagi yang bisa dipilih, yaitu “Send link via WhatsApp” membagikan secara langsung link ke chat ruang obrolan WhatsApp. Pengguna juga bisa memilih opsi “Share link” atau “Copy link” untuk membagikan tautan panggilan WhatsApp ke temannya lewat aplikasi lain di luar WhatsApp.

Sepengalaman KompasTekno, teman yang memiliki link undangan WhatsApp Call bisa langsung bergabung dalam panggilan, meski pengundang belum hadir dalam panggilan. Selebihnya, pengguna bisa melakukan WhatsApp call seperti biasanya.

Namun, perlu dicatat, untuk bisa bergabung lewat link, orang yang diundang harus sudah sama-sama kebagian fitur “Create call link” ini.

Pantauan KompasTekno, pengguna yang belum kebagian fitur “Create call link” tidak bisa bergabung dalam WhatsApp Call lewat link yang dibagikan oleh pengundang.

Alternatifnya, pengundang bisa menambahkan pengguna lain secara manual ketika sudah memulai panggilan di WhatsApp.

Selain itu perlu diketahui juga, link WhatsApp call bakal kedaluwarsa jika tidak digunakan selama 90 hari.

Leave a Comment