Zulhas Targetkan Transaksi di Trade Expo Ke-37 Tembus US$ 10 Miliar

ruangluas.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menargetkan transaksi dalam pameran internasional Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 sebesar US$ 10 miliar. Sebab ajang tersebut memamerkan sejumlah produk unggulan dari berbagai sektor seperti manufaktur, fesyen, aksesoris, perawatan kesehatan, kecantikan, peralatan kesehatan, dekorasi rumah, furniture, produk jasa digital, serta makanan dan minuman.

“Pagi ini, sebelum pembukaan TEI 2022, sudah ada kontrak senilai US$ 1,5 miliar dolar. Oleh karena itu kami dari Kementerian Perdagangan yakin selesai pameran ini mudah-mudahan kita bisa dapat kontrak dari hasil ekspor ini mudah-mudahan kita bisa mencapai US$ 10 miliar,” kata Zulkifli dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Perdagangan. TEI 2022 yang mengusung tema ‘Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery’ dilaksanakan secara hibrida, yakni secara luring pada 19-23 Oktober 2022 dan secara daring akan terus berlangsung hingga 19 Desember 2022.

Hal tersebut diungkapkan olehnya di acara Pembukaan Trade Expo Indonesia ke-37 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, hari ini. Turut hadir dalam acara tersebut Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan tamu undangan lainnya.

“TEI kali ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari para eksportir. Terbukti sebanyak 795 pejuang ekspor telah menempati stan yang telah disediakan. Selain itu, sebanyak 2.288 buyer dari 176 negara telah terdaftar mengikuti pameran,” ujar Zulkifli.

Menurutnya, antusiasme yang tinggi tidak terlepas dari dukungan sejumlah pihak seperti Kementerian Luar Negeri, perwakilan RI Kadin Indonesia, Kamar Dagang Negara sahabat yang telah berupaya maksimal dalam menjaring pembeli mancanegara.

Adapun TEI nantinya bakal diselenggarakan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 dengan berkolaborasi dengan Kadin Indonesia dan asosiasi. Pada gelaran ini akan dimeriahkan dengan peragaan busana, penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), dan gelar wicara.

“JMFW 2023 diikuti oleh 144 desainer yang rata-rata masih muda di bawah 30 tahun dengan lebih dari 1000 looks. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong Indonesia menjadi pusat produk halal dan fesyen muslim dunia,” ujar Zulkifli hasan.

Ia menuturkan pihaknya turut menyinergikan kegiatan TEI ke-37 dengan menggelar Pameran Pangan Nusa untuk mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia.

“Pameran ini merupakan promosi kekayaan kuliner dan potensi indonesia yang menempati hal 10 dengan jumlah peserta 185 pelaku UMKM pangan,” jelas Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Joko Widodo berharap target transaksi tersebut mampu tercapai. Sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap ekonomi nasional.

“Saya mengucapkan selamat kepada Trade Expo Indonesia yang ke-37 ini. Semoga nanti apa yang tadi ditargetkan oleh Menteri Perdagangan, lebih dari US$ 10 miliar betul-betul bisa kita capai dan kita harapkan itu akan mendorong surplus neraca perdagangan kita pada masa-masa mendatang,” tutup Joko Widodo.

Leave a Comment